Fair And Lovely Bintang Beasiswa

SYARAT DAN KETENTUAN
FAIR & LOVELY BINTANG BEASISWA

Tujuan Program Fair & Lovely Bintang Beasiswa 2018

  1. Memberikan kesempatan kepada perempuan di Indonesia yang lulus SMA/SMK/MA/sederajat, memiliki gagasan untuk berkontribusi di masyarakat, motivasi tinggi, dan berprestasi untuk melanjutkan pendidikan tinggi jenjang sarjana namun memiliki keterbatasan finansial.
  2. Memberi bantuan biaya pendidikan kepada perempuan lulusan SMA/SMK/MA/sederajatyang diterima di Perguruan Tinggi Negeri(PTN) tahun 2018 jenjang sarjana (S1)selama 8 semester.
  3. Memberikan capacity building kepada peserta beasiswa selama 8 semester.

Sasaran Peserta Fair & Lovely Bintang Beasiswa 2018

Sasaran program adalah perempuan lulusan SMA/SMK/MA/sederajat yang memenuhi kriteria masuk PTN berakreditasi A atau B tahun 2018 memiliki gagasan untuk berkontribusi di masyarakat, berprestasi, dan motivasi tinggi namun memiliki keterbatasan finansial.

Kriteria Pendaftar Fair & Lovely Bintang Beasiswa 2018

  1. Siswi kelas 12 atau lulusan SMA/SMK/MA/sederajat yang dapat mendaftar seleksi masuk PTN tahun 2018.
  2. Siswi mendaftarkan diri ke perguruan tinggi negeri berikut :
    YogyakartaUniversitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Lainnya *)
    Jawa TengahUniversitas Negeri Sebelas Maret, Universitas Jendral Soedirman, Universitas Negeri Semarang, Universitas Diponegoro, Lainnya *)
    Jawa TimurInstitut Teknologi Sepuluh November, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Jember, Lainnya *)
    Jawa BaratInstitut Teknologi Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Padjajaran, Lainnya *)
    SumatraUniversitas Sriwijaya, Lainnya *)
    SulawesiUniversitas Hassanudin, Universitas Negeri Makassar, Lainnya *)
    PontianakUniversitas Tanjungpura, Lainnya *)

    Lainnya *) = Perguruan Tinggi Negeri lain di wilayah tersebut dengan akreditasi minimal B.
  3. Siswi mendaftarkan diri melalui jalur :
    1. SNMPTN
    2. SBMPTN
    3. SBMPTAIN
    4. Seleksi Mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing PTN tujuan siswi sebelum Bulan Juli 2018
  4. Memiliki keterbatasan finansial dengan kriteria:
    1. Pemegang Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) atau penerima Bantuan Siswa Miskin (BSM) atau pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya; atau
    2. Pendapatan kotor gabungan orang Tua/Wali (suami dan istri) maksimal sebesar Rp 3.500.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 800.000,00 setiap bulannya.
  5. Memiliki potensi akademik dibuktikan dengan fotokopi atau scan raport, piagam prestasi lomba (jika ada), atau fotokopi ijazah & SKHUN bagi yang sudah lulus sekolah.
  6. Memiliki rencana studi di PTN yang diinginkan dan gagasan untuk berkontribusi kepada masyarakat.
  7. Berkomitmen untuk menyelesaikan studi di universitas terpilih.

Mekanisme Pendaftaran

  1. Sosialisasi online dilakukan mulai bulan Januari 2018 di seluruh Indonesia. Calon peserta mendaftarkan diri dengan mekanisme simple sign up di laman web www.voteuntukimpianku.com sebelum 31 Maret.
  2. Setelah peserta mendaftarkan diri melalui simple sign up, peserta akan menerima email dari Fair and Lovely Bintang Beasiswa yang dikelola oleh Hoshizora Foundation tentang tahapan pengumpulan dokumen-dokumen yang harus dilakukan peserta.
  3. Setiap calon peserta yang telah menerima email, wajib mengirimkan berkas persyaratan selambat-lambatnya 31 Maret 2018. Silakan memilih salah satu metode di bawah ini :
    1. Mengirimkan via post/kurir ke Kantor Hoshizora Foundation
      Hoshizora Education Center
      Kalakijo RT.04, Pajangan, Guwosari, Bantul, Yogyakarta 55751
      Telp. (0274) 646 1699 / 0821-3439-5655
    2. Mengirimkan via email ke falbeasiswa@hoshizora.org
  4. Sosialiasi langsung ke sekolah dilakukan selama bulan Januari untuk wilayah Yogyakarta-Jawa Tengah, bulan Februari-Maret di luar Yogyakarta-Jawa Tengah. Pada tahap ini, tim Hoshizora Foundation akan mengunjungi beberapa sekolah untuk menyampaikan informasi tahapan seleksi.
  5. Tim Hoshizora Foundation akan menyeleksi berkas pendaftar dan mengumumkan hasil seleksi berkas pada minggu kedua bulan April 2018.
  6. Calon peserta yang lolos seleksi berkas akan melanjutkan ke tahap seleksi wawancara selama bulan April-Mei 2018 di kota masing-masing. Wawancara diselenggarkan oleh tim Hoshizora Foundation.
  7. Apabila karena suatu hal proses wawancara tidak dapat dilaksanakan secara langsung, tim Hoshizora Foundation dapat menggunakan media lain seperti telepon dan video call.
  8. Peserta yang lolos seleksi wawancara akan melanjutkan ke tahap home visit selama bulan April-Mei 2018 di kota masing-masing.
  9. Peserta yang tidak lolos seleksi masuk PTN lewat jalur apapun, secara otomatis gugur.
  10. Pengumuman terakhir peserta Fair & Lovely Bintang Beasiswa dilakukan awal bulan Juni 2018 dan inaugurasi dilaksanakan pada akhir bulan Juli 2018.
  11. Komunikasi resmi terkait seleksi Fair & Lovely Bintang Beasiswa dilakukan melalui falbeasiswa@hoshizora.org dan 082134395655 (Milah)

Timeline dan Kuota

Program beasiswa ini dibuka untuk 50 orang penerima beasiswa di seluruh Indonesia. Launching, roadshow dan pengumpulan aplikasi dilakukan dari 5 Januari sampai 31 Maret 2018. Wawancara dan homevisit dilakukan pada bulan April 2018. Keputusan akhir penerima Fair & Lovely Bintang Beasiswa diumumkan pada bulan Juni 2018 dilanjutkan dengan inaugurasi dan capacity building pertama di bulan Juli 2018.


Timeline Pemberian Beasiswa

  1. Fair & Lovely BintangBeasiswaakan diberikan di bulan Juni 2018 dan bulan Februari 2018
  2. Untuk peserta yang telah lebih dulu membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebelum pendistribusian beasiswa pertama, dapat diberlakukan sistem reimburse.
  3. Capacity building diberikan kepada seluruh peserta setiap Bulan Januari dan Bulan September selama delapan semester.

Pendampingan
Capacity building diberikan selama 8 semester. Penerima beasiswa diwajibkan hadir dan mengikuti pendampingan setiap semesternya sebagai persyaratan untuk mendapatkan Fair & Lovely Bintang Beasiswa. Konten capacity building adalah :

  1. Tahun I : capacity building untuk mendukung program kuliah
  2. Tahun II : capacity building untuk mendukung program kuliah
  3. Tahun III : community engagement untuk pengabdian kembali ke masyarakat
  4. Tahun IV : career building untuk mempersiapkan terjun ke lapangan pekerjaan

Perihal Lain

  1. Calon peserta yang terbukti memberikan keterangan data diri yang tidak benar setelah diterima di perguruan tinggi negeri, berhenti di tahun pertama, drop out, melakukan pelanggaran berat lainnya, atau tidak menghadiri pendampingan di tahun kedua, ketiga, dan keempat akan mendapatkan sanksi dengan jumlah sebesar-besarnya mengembalikan beasiswa yang telah didapat.
  2. Apabila calon peserta beasiswa mengundurkan diri maka beasiswa akan dialihkan kepada siswi yang lain yang memenuhi persyaratan.

Detail Mekanisme Road Show untuk Memperkenalkan Program Beasiswa

  1. Hoshizora Foundation bersama Unilever Fair & Lovely memberikan sosialisasi di Sekolah-sekolah Menengah Atas di daerah berikut:
    1. Yogyakarta
    2. Jawa Tengah
    3. Bandung
    4. Surabaya
    5. Luar Pulau Jawa
  2. Informasi mengenai beasiswa dan proses seleksi disampaikan saat sesi di sekolah yang dikunjungi ataupun acara yang diselengarakan di kota masing-masing, selanjutnya siswa dapat mencari informasi dari guru Bimbingan Konseling (BK), atau menghadiri acara talkshow di kota-kota terpilih.

Seleksi Berkas

  1. Persyaratan yang wajib dikumpulkan adalah:
    1. Formulir pendaftaran Fair & Lovely Scholarship yang telah disiapkan oleh Hoshizora Foundation.
    2. Esai motivasi masuk ke perguruan tinggi dan motivasi mendapatkan beasiswa.
    3. Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah/Guru BK.
    4. Fotokopi rapor semester 1 sampai 6 dilegalisir oleh Kepala Sekolah. Untuk calon pendaftar yang masih duduk di kelas 12, fotokopi rapor semester 1 sampai 5.
    5. Surat keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di kegiatan ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah (jika ada);
    6. Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Siswa Miskin (BSM), atau sejenis. Atau surat keterangan penghasilan orangtua dari ketua RT atau Kelurahan
    7. Bagi yang belum memenuhi syarat butir (f) di atas, maka harus membawa Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Kepala Dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat.
    8. Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga;
    9. Fotokopi rekening listrik di 3 bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang Tua/Wali-nya.
    10. Pas foto berwarna 6 bulan ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar.
  2. Setiap calon peserta yang telah menerima email, wajib mengirimkan berkas persyaratan selambat-lambatnya 31 Maret 2018. Silakan memilih salah satu metode di bawah ini :
    1. Mengirimkan via post/kurir ke Kantor Hoshizora Foundation
      Hoshizora Education Center
      Kalakijo RT.04, Pajangan, Guwosari, Bantul, Yogyakarta 55751
      Telp. (0274) 646 1699 / 0821-3439-5655
    2. Mengirimkan via email ke falbeasiswa@hoshizora.org

Mekanisme Seleksi Wawancara dan Home Visit

Wawancara

  1. Calon peserta beasiswa yang telah lulus tahap seleksi berkas akan diundang datang ke tempat interview di waktu yang telah ditentukan.
  2. Calon peserta beasiswa diwajibkan hadir dalam proses seleksi wawancara di wilayah yang telah ditentukan sebagai berikut:
    1. Yogyakarta
    2. Jawa Tengah
    3. Bandung
    4. Surabaya
    5. Luar Pulau Jawa
  3. Calon peserta beasiswa harus membawa identitas diri dan menunjukkan bukti diterima di perguruan tinggi negeri di kota yang telah ditentukan (Letter of Acceptance) jika telah menerima.
  4. Wawancara terhadap calon peserta beasiswa akan dilakukan tim Hoshizora Foundation menggunakan guideline yang telah ditentukan.
  5. Jika terdapat kendala teknis, interview dapat dilakukan dengan media lain seperti telepon atau video call.

Home Visit

  1. Calon peserta beasiswa yang telah lolos seleksi wawancara akan melanjutkan ke dalam tahap seleksi home visit.
  2. Home visit akan dilaksanakan sesuai dengan guideline yang telah ditentukan untuk menjamin obyektifitas dalam seleksi.
  3. Mekanisme lain yang dapat digunakan jika terjadi kendala teknis untuk mendatangi rumah calon peserta adalah pengiriman foto dan atau video.

Mekanisme Pengumuman dan Orientasi

  1. Hasil seleksi akhir diumumkan selambat lambatnya di minggu keempat Bulan Juni 2018. Inaugurasi dan sesi orientasi diadakan paling lambat minggu keempat Bulan Juli 2018 di salah satu kota target.
  2. Peserta beasiswa yang terbukti memberikan keterangan data diri yang tidak benar setelah diterima di perguruan tinggi negeri atau pelanggaran berat lainnya, berhenti di tahun pertama, drop out, atau tidak menghadiri pendampingan di tahun kedua, ketiga, dan keempat akan mendapatkan sanksi (sebesar besarnya mengembalikan beasiswa yang telah didapat).