Fair And Lovely Bintang Beasiswa

SYARAT DAN KETENTUAN
FAIR & LOVELY BINTANG BEASISWA

Tujuan Program Beasiswa Fair & Lovely

  1. Memberikan kesempatan kepada perempuan di Indonesia yang lulus SMA/SMK/MA, memiliki aspirasi, motivasi, dan berprestasi untuk melanjutkan pendidikan tinggi namun tidak mampu secara finansial.
  2. Memberi bantuan biaya pendidikan di tahun pertama kepada perempuan lulusan SMA/SMK/MA yang diterima di perguruan tinggi negeri yang memenuhi kriteria untuk menempuh pendidikan program Sarjana sampai selesai dan tepat waktu;
  3. Memberikan capacity building kepada mahasiswi penerima beasiswa yang dapat berkomitmen di dalam program selama 4 tahun sampai pendidikannya selesai.

Sasaran Penerima Beasiswa Fair & Lovely

Sasaran program adalah perempuan yang lulusan pendidikan SMA/SMK/MA atau sederajat yang setidaknya akan lulus di 2017 yang diterima di UGM, UNY, UNS, UNDIP, UM, Universitas Brawijaya, yang berprestasi akademik, memiliki aspirasi dan motivasi namum tidak mampu secara finansial.

Persyaratan Calon Penerima Beasiswa Fair & Lovely

  1. Siswi kelas 3 dari SMA/SMK/MA atau yang sederajat yang setidaknya akan lulus pada tahun 2017, yang mempunyai kekurangan finansial.
  2. Siswi yang memenuhi kualifikasi mendaftar sebagai mahasiswa di perguruan tinggi negeri Akreditasi A atau B di Yogyakarta, Semarang, Solo, dan Malang.
  3. Beasiswa diperuntukkan lulusan SMA/Sederajat tanpa batasan usia ijasah.
  4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:
    1. Pemegang Surat Keterangan Tidak Mampu atau Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya; atau
    2. Pendapatan kotor gabungan orang Tua/Wali (suami istri) maksimal sebesar Rp 2.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 500.000,00 setiap bulannya.
  5. Pendidikan orang Tua/Wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
  6. Memiliki potensi akademik, dapat membuktikan fotocopy atau scan raport, piagam prestasi lomba (jika ada), atau ijazah & SKHUN bagi yang lulus sekolah dengan memberikan informasi rencana studi selanjutnya. Bagi yang belum mengikuti ujian dapat menyertakan surat rekomendasi sekolah yang menyatakan bahwa anak tersebut duduk di tahun terakhir SMA yang akan mengikuti ujian akhir SMA dan akan mengikuti ujian masuk kuliah.
  7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN dengan ketentuan:
    PTN dengan pilihan seleksi masuk hanya melalui:
    1. Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
    2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN)
  8. Penerima beasiswa FAL bersedia untuk tidak menerima beasiswa lain di tahun pertama menerima beasiswa FAL. Dibuktikan dengan membuat surat pernyataan bermaterai 6000.

Timeline dan Kuota

Program ini membuka aplikasi sampai akhir April tahun 2017. Interview akan dilaksanakan di Bulan Mei dan Juni untuk mengikuti seleksi interview, eliminasi berdasarkan penerimaan kedalam perguruan tinggi negeri di lokasi yang telah ditargetkan, dan home visit. Hasil SNMPTN and SBMTPN diumumkan di bulan April dan Mei maka dari itu pada tahap seleksi akhir, hanya siswi yang telah dinyatakan diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) yang akan masuk ke dalam pengambilan keputusan akhir. Prioritas akan diberikan kepada siswa yang masuk ke dalam golongan UKT 1 sampai 3.

Kuota akhir dari penerima beasiswa Fair and Lovely (FAL) ini adalah 50 orang yang telah diterima di perguruan tinggi negeri di lokasi yang telah ditargetkan yaitu Yogyakarta, Solo, Semarang, dan Malang.

Timeline seleksi beasiswa yang diselengarakan oleh Hoshizora Foundation:

Timeline Pemberian Beasiswa

  1. Beasiswa Fair and Lovely akan diberikan di bulan Juni dan Juli 2017 untuk biaya UKT di tahun pertama kuliah.
  2. Beasiswa tahun pertama akan diberikan dalam satu kali distribusi.
  3. Dikarenakan pendaftaran ulang setiap universitas akan bergantung kepada proses masuk SNMPTN atau SBMTPN dan harus dilaksanakan dalam kurun waktu dua minggu setelah pengumuman, maka siswa calon penerima beasiswa harus dapat membayar terlebih dahulu dan menunjukkan bukti pembayaran di saat interview.
  4. Di tahun kedua, ketiga, dan keempat, penerima beasiswa tidak mendapatkan bantuan finansial namun mendapatkan pendampingan capacity building.

Pendampingan
Capacity building selama 4 tahun yang dilakukan setiap tahun. Penerima beasiswa diwajibkan hadir dan mengikuti pendampingan setiap tahunnya sebagai persyaratan untuk mendapatkan beasiswa Fair and Lovely.

Tahun I: Capacity building untuk mendukung program kuliah
Tahun II: Capacity building untuk mendukung program kuliah
Tahun III: Community Engagement untuk pengabdian kembali ke masyarakat
Tahun IV: Career Building untuk mempersiapkan terjun ke lapangan pekerjaan

Perihal Lain

  1. Calon penerima beasiswa/mahasiswi yang terbukti memberikan keterangan data diri yang tidak benar setelah diterima di perguruan tinggi negeri atau pelanggaran berat lainnya, berhenti di tahun pertama, drop out, atau tidak menghadiri pendampingan di tahun kedua, ketiga, dan keempat akan mendapatkan sanksi (sebesar-besarnya mengembalikan beasiswa yang telah didapat).
  2. Apabila mahasiswi calon penerima beasiswa mengundurkan diri maka beasiswa akan diserahkan kepada siswi yang lain yang memenuhi persyaratan.

Road Show untuk Memperkenalkan Program Beasiswa

  1. Hoshizora Foundation bersama Unilever Fair and Lovely memberikan sosialisasi di sekolah sekolah SMA di daerah berikut:
  2. Informasi mengenai beasiswa akan diberikan kepada sekolah sekolah utama di daerah tersebut bersama dengan orientasi memperkenalkan proses seleksi dan procedural. Formulir dapat diambil oleh semua siswi dari SMA/SMK/MA yang berpotensi mengikuti program beasiswa ini di lokasi lokasi SMA utama.

Seleksi Berkas

  1. Persyaratan yang wajib dikumpulkan adalah:
    1. Formulir pendaftaran Fair and Lovely Scholarship yang telah disiapkan oleh Hoshizora Foundation.
    2. Esai motivasi masuk ke perguruan tinggi dan motivasi mendapatkan beasiswa.
    3. Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah.
    4. Surat rekomendari dari Kepala Sekolah.
    5. Fotokopi rapor semester 1 sampai 6 yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
    6. Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
    7. Fotokopi nilai ujian akhir nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
    8. Surat keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di kegiatan ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah (jika ada);
    9. Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Siswa Miskin (BSM), atau sejenis.
    10. Bagi yang belum memenuhi syarat butir (g) di atas, maka harus membawa Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Kepala Dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat.
    11. Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga;
    12. Fotokopi rekening listrik di 3 bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang Tua/Wali-nya.
    13. Pas foto berwarna 6 bulan ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar.
  2. Formulir beasiswa beserta persyaratan lainnya wajib dikirimkan melalui Pos Indonesia selambat lambatnya harus diterima oleh Hoshizora Foundation di akhir bulan April 2017 ke kantor Kesekertariatan Hoshizora Foundation di:
    Hoshizora Education Center
    Kalakijo RT.02, Pajangan, Guwosari, Bantul, Yogyakarta 55751
    Telp. (0274) 646 1699
  3. Siswi yang mendaftarkan diri dalam program beasiswa ini berkewajiban melaporkan kepada sekolah masing-masing.
  4. Kepala Sekolah SMA/SMK/MA atau yang sederajat menginformasikan informasi kepada siswi kelas 12, dan memfasilitasi proses pendaftaran sampai dengan mengirimkan formulir pendaftaran ke Hoshizora Foundation.

Seleksi Interview dan Home Visit

Interview

  1. Calon penerima beasiswa yang telah lulus tahap seleksi berkas akan diundang datang ke tempat interview di waktu yang telah ditentukan.
  2. Proses interview dilaksanakan di 4 kota utama yaitu Yogyakarta, Semarang, Solo, dan Malang. Tempat interview akan terfokus di beberapa titik dan calon penerima beasiswa harus hadir didalam proses interview tersebut.
  3. Dalam proses interview ini, calon penerima beasiswa harus dapat menunjukkan bukti penerimaan di perguruan tinggi negeri di kota yang telah ditentukan (Letter of Acceptance), tanda bukti daftar ulang, dan apabila ada tanda bukti pembayaran UKT pertama.
  4. Interview terhadap siswi calon penerima beasiswa akan dilakukan tim Hoshizora Foundation menggunakan guideline yang telah dibakukan.

Home Visit

  1. Siswi calon penerima beasiswa yang telah dapat membuktikan diterima di perguruan tinggi negeri yang ada di daerah yang telah ditentukan akan masuk ke dalam tahap seleksi home visit.
  2. Home visit akan dilaksanakan sesuai dengan guideline yang telah dibakukan untuk menjamin objectivity dalam seleksi.

Pengumuman dan Orientasi

Hasil seleksi akhir diumumkan selambat lambatnya di Juni-July dan diikuti dengan sesi orientasi, capcity building, dan di akhir bulan Agustus di 4 kota utama (Yogyakarta, Solo, Semarang, dan Malang). Penerima beasiswa Fair & Lovely wajib mengikuti setiap kegiatan orientasi dan capacity building setiap tahun selama 4 tahun.

Penerima beasiswa yang terbukti memberikan keterangan data diri yang tidak benar setelah diterima di perguruan tinggi negeri atau pelanggaran berat lainnya, berhenti di tahun pertama, drop out, atau tidak menghadiri pendampingan di tahun kedua, ketiga, dan keempat akan mendapatkan sanksi (sebesar-besarnya mengembalikan beasiswa yang telah didapat).

Fair & Lovely Bintang Beasiswa sewaktu-waktu berhak untuk mengubah syarat dan ketentuan ini yang akan diinformasikan pada website www.voteuntukimpianku.com